Rabu, 02 Desember 2015

PENEMU MOZILLA FIREFOX

            Blake Aaron Ross dan Joe Hewitt adalah dua pemuda jenius yang menciptakan Mozilla, fasilitas penjelajah internet. Dengan cepat, Mozilla Firefox diterima para pengguna internet di dunia. Ia, antara lain, dinilai lebih aman dan mudah dipakai (dibandingkan dengan para kompetitornya).
Ia juga dinilai mampu merebut sebagian pasar fasilitas penjelajah internet, yang selama ini dikuasai oleh Microsoft Internet Explorer.
Banyak orang memuji kesuksesan Blake Ross. Direktur engineering Yayasan Mozilla, Chris Hoffman, mengatakan, “Dalam dunia ‘Open Source’, posisi seseorang tergantung pada keahliannya. Dan Blake Ross memiliki semua keahlian yang dibutuhkan.”

SEJARAH LOGO MOZILLA FIREFOX
            Pertama kali proyek Mozilla meluncurkan nama browser bukanlah Mozilla Firefox, tapi Phoenix. Berhubung kata Phoenix sudah terambil untuk nama perusahaan produsen BIOS Phoenix Technologies akhirnya diubah menjadi Mozilla Firebird, dan pada akhirnya tahun 2004 diganti lagi menjadi Mozilla Firefox. Nama Forefox mempunyai makna panda merah (red Panda).
             Logo mozilla firefox di buat oleh Steven Garrity pada th. 2003, awalannya Garrity cuma menulis artikel perihal kritik untuk logo Mozilla Phoenix yang baginya tak memiliki jati diri visual yang bagus. Garrity diundang oleh pejabat Mozilla untuk mengulas logo yang berkelas untuk Firefox.

            Lalu di th. 2004 terbentuklah Mozilla Visual Identity Team yang di pimpin oleh Steven Garrity. Tim ini bertugas untuk menambah mutu serta ketekunan elemen visual (ikon/logo, tema basic, dan lain-lain) dari beberapa produk Mozilla. Jon Hicks yang bertugas bikin ilustrasi logo Firefox awalannya sedikit kesusahan dengan rencana Firefox. Pada akhirnya lantaran di inspirasi dengan lukisan dari Jepang perihal seekor ubah, pada akhirnya nampak gambar yang jadi lebiah tampak seperti panda merah yang lucu.

            Paling akhir di ketahui bahwasanya ide dari logo Mozilla Firefox yaitu suatu photo gugusan bintang yang di ambil dari telescope Hubble Space pada th. 2002. Walau arti dari firefox yaitu panda merah, namun Garrity tidak memvisualisasikannya dengan gambar panda merah, tetapi gambar fox merah atau serigala merah. Namun itu tIdak menjadi persoalan lantaran telah mewakili seluruhnya kata yang ada di Mozilla Firefox.

Terakhir diketahui bahwa inspirasi dari logo Mozilla Firefox adalah sebuah foto gugusan bintang yang diambil dari telescope Hubble Space pada tahun 2002.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar